MAKALAH
PENGERTIAN IAD IBD ISD PERANAN IPTEK & DAMPAK NYA
Diajukan Sebagai Tugas Mata Kuliah IAD, ISD, IBD
Dosen pengampu :
Ujang saefudin,S.Ag,M.MPd.
Disusun Oleh :
Awaludin

STAI AL-AZHARY
Jl.KH Abdullah Bin Nuh, Pamoyanan,
Kec. Cianjur, kab. Cianjur Jawa Barat 43221
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT karena dengan rahmat, karunia, taufiq, serta hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Pengertian IAD , ISD, dan IBD.
”. Sholawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Dan juga kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Ujang saefudin,S.Ag,M.MPd.
selaku dosen mata kuliah IAD, ISD, IBD yang telah memberikan tugas ini.
Kami berharap makalah ini dapat menambah pengetahuan serta wawasan kita terhadap IAD, ISD, IBD. Oleh sebab itu penting bagi kami adanya kritik, saran, dan usulan untuk memperbaiki makalah yang kami buat diwaktu yang akan datang.
Semoga makalah ini dapat dipahami dengan mudah bagi siapapun yang membacanya dan juga dapat berguna bagi kami pribadi. Demikian yang dapat kami sampaikan. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata.
Cianjur 09. November. 2019
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ................................................................................. 1
DAFTAR ISI ............................................................................................... 2
BAB I: PENDAHULUAN ............................................................................. 3
A. LATAR BELAKANG .................................................................. 4
B. RUMUSAN MASALAH ............................................................... 5
BAB II: PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN IAD ISD dan IBD ..................................................... 6
B. RUANG LINGKUP .......................................................................... 7
C. TUJUAN IAD ,IAD ISD dan IBD …………………………………………8
BAB III: PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN ILMU PENGETAHUAN TEKNOLOGI ………………….9
B. PERANAN IPTEK DALAM KEHIDUPAN INDONESIA ……………......10
C. DAMPAK POSITIVE DAN NEGATIVE PERKEMBANGAN IPTEK …..11
D. SOSIAL DAN BUDAYA …………………………………………………...12
E. PENDIDIKAN ……………………………………………………………….13
F. EKONOMI DAN INDUSTRI ……………………………………………....14
BAB IV: PENUTUP
A. KESIMPULAN ........................................................................... 15
B. SARAN ...................................................................................... 16
C. DAFTAR PUSTAKA ................................................................. 17
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sebagai mahasisawa kita perlu mempelajari Ilmu Alamiah Dasar (IAD), Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Budaya Dasar (IBD). Karena dengan penguasaan dari ilmu-ilmu tersebut diharapkan Mahasiswa mempunyai sikap kritis terhadap gejala-gejala essensial alam, dan mempunyai sifat yang kritis terhadap dinamika-dinamika social dan budaya yang ada dalam masyarakat. Agar keberadaan kita ditengah – tengah masyarakat tidak terasa tersisihkan atau terkucilkan .
Oleh karena itu , dalam makalah ini saya akan membahas tentang pengertian , tujuan dan ruang lingkup IAD , ISD dan IBD.
B. Rumusan Masalah
1. Apakah pengertian Ilmu Alamiah Dasar (IAD), Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Budaya Dasar (IBD)?
2. Bagaimanakah ruang lingkup dari Ilmu Alamiah Dasar (IAD), Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Budaya Dasar (IBD)?
3. Apa tujuan atau kegunaan Ilmu Alamiah Dasar (IAD), Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Budaya Dasar (IBD)?
BAB II
PEMBAHASAN
1. PENGERTIAN IAD ISD dan IBD
Ø Ilmu Alamiah Dasar, Memusatkan perhatian dan konsep umum, asas-asas dan pendekatan dalam menanggapi kanyataan-kenyataan yang diwujudkan oleh lingkungan alam, dengan memanfaatkan pengetahuan keahlian dalam ilmu-ilmu alamiah seperti astronomi, biologi, kimia, fisika dan geologi.
Ø Ilmu Sosial Dasar, Memusatkan perhatian pada kenyataan sosial terutama yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengetahuan pada ilmu-ilmu sosial seperti geografi sosial, sosiologi, antropologi sosial, ilmu politik, psikologi sosial dan sejarah.
Ø Ilmu Budaya Dasar, Memusatkan perhatian pada usaha memperoleh pengertian mengenai hakikat dan harkat manusia serta nilai-nilai budaya yang telah dikembangkannya.
2. RUANG LIGKUP Ilmu Alamiah Dasar (IAD), Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Budaya Dasar (IBD)
v Ruang lingkup ISD
1. Adanya berbagai aspek pada kenyataan bersama yang merupakan suatu masalah sosial.
2. Adanya beraneka ragam golongan dan kesatuan sosial dalam masyarakat yang mempunyai kepentingan dan kebutuhan serta pola-pola pemikiran dan tingkah laku tersendiri dan yang menyebabkan pertentangan maupun setia kawan dan kerjasama.
v Ruang lingkup IAD
1. Konsep-konsep dasar tentang Ilmu Pengetahuan Alam dan Perkembangan Teknologi.
2. Dampak perkembangan IPA dan teknologi
v Ruang lingkup IBD
§ Berbagai aspek kehidupan yang merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan pengetahuan budaya, baik dari segi keahlian (disiplin) masing-masing maupun antar bidang disiplin.
§ Hakekat manusia yang universal (satu) tetapi beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing zaman dan tempat dalam melihat dan menanggapi lingkungan dengan adanya kesamaan dan perbedaan yang diekspresikan dalam bentuk & corak ungkapan pikiran, perasaan, dan tingkah laku serta hasil kelakuannya.
C. TUJUAN IAD ISD dan IBD
1) Tujuan/Kegunaan Ilmu Alamiah Dasar:
Memperkenalkan konsep – konsep dasar dalam IPA.
Memberikan wawasan pengetahuaan dan aspresiasi terhadap objek dan cara – cara pendekatan dalam IPA dan teknologi
Mengembangkan interaksi yang selaras antara disiplin-disiplin ilmu eksak.
2) Tujuan Ilmu Sosial Dasar
Membantu perkembangan wawasan pemikiran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan pemikiran dan kepribadian yang lebih luas, dan ciri-ciri kepribadian sebagai golongan terpelajar Indonesia, khususnya yang berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia-manusia lainnya, serta sikap dan tingkah laku manusia lainnya terhadap dirinya.
3) Tujuan Ilmu Budaya Dasar
Untuk pembentukan dan pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungan, khususnya gejala-gejala yang berkenaan dengan kebudayaan dan kemanusiaan, agar daya tanggap, persepsi dan penalaran yang berkenaan dengan lingkungan budaya yang dapat diperluas dan menjadi lebih halus.
Peranan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Kehidupan Manusia
A. PENGERTIAN ILMU PENGETAHUAN TEKNOLOGI
Ilmu adalah suatu pemahaman tentang suatu pengetahuan, yang memiliki fungsi untuk mencari, menyelidiki, dan menyelesaikan suatu hipotesis. Ilmu juga merupakan suatu pengetahuan yang teleh teruji kebenarannya. misalnya, pengetauan tentang sikap dan prilaku manusia sebagai mahluk sosial, kemudian pengetahuan itu di selidiki oleh para ahli menggunakan metode-metode tertentu, dan ternyata pengetahuan tersebut memang benar bahwa manusai itu mahluk sosial, maka dari itu pengetahuan tersebut dikatakan sebagai ilmu yaitu ilmu sosial.
Pengetahuan adalah sesuatu yang diketahui atau disadari seseorang yang didapat dari pengalamannya. pengetahuan tidak bisa dikatakan sebagai sebuah ilmu karena kebenarannya belum teruji. Pengetahuan muncur dikarenakan seseorang menemukan sesuatu yang sebelumnya belum pernah dilihatnya.
Teknologi adalah pembuatan, modifikasi, penggunaan, dan pengetahuan tentang alat-alat, mesin, teknik, kerajinan, sistem, metode organisasi, dalam rangka memecahkan masalah, meningkatkan solusi yang sudah ada sebelumnya untuk masalah, mencapai tujuan, menangani masukan diterapkan / Output hubungan atau melakukan fungsi tertentu. Hal ini juga dapat merujuk pada koleksi alat-alat seperti, mesin, modifikasi, pengaturan dan prosedur. Teknologi secara signifikan mempengaruhi manusia serta kemampuan spesies hewan lain untuk mengendalikan dan beradaptasi dengan lingkungan alami mereka.Dari segi bahasa teknologi berasal dari kata Yunani (technología), Dari (techne), yang berarti "seni, keterampilan, kerajinan", dan (logia), yang berarti "studi" Istilah ini dapat diterapkan umum atau untuk daerah tertentu: contoh termasuk teknologi konstruksi, teknologi medis, dan teknologi informasi
Dengan demikian, ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) adalah suatu ilmu yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan manusia.
IPTEK, atau yang kita sebut sebagai ilmu pengetahuan dan teknologi adalah suatu jalan dimana yang fungsinya sendiri untuk membantu segala jenis kebutuhan manusia, agar sesuatu dapat dilakukan dengan mudah dengan sarana pemikiran manusia dan penciptaan alat-alat yang dapat mendukung kegiatan praktis. IPTEK dalam kehidupan manusia selalu berkembang dari waktu ke waktu. Dari tingkatan Teknologi yang minim dan tradisional dari bahkan cuma kapak batu hingga teknologi yang semakin komplek yang terus berkembang sampai saat ini.
Perkembangan dunia IPTEK yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Sistem kerja robotis telah mengalih fungsikan tenaga otot manusia dengan pembesaran dan percepatan yang menakjubkan. Begitupun dengan telah ditemukannya formulasi baru aneka kapasitas komputer seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktifitas manusia. Ringkas kata, kemajuan IPTEK yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia.
Bagi masyarakat sekarang, IPTEK sudah menjadi suatu religion. Pengembangan IPTEK dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Sementara orang bahkan memuja IPTEK sebagai liberator yang akan membebaskan mereka dari kungkungan kefanaan dunia. IPTEK diyakini akan memberi umat manusia kesehatan, kebahagiaan, dan imortalitas.
B. PERANAN IPTEK DALAM KEHIDUPAN INDONESIADalam kehidupan manusia, dewasa ini tidak terlepas dari ilmu alamiah dan ilmu terapannya berupa teknologi di berbagai bidang. Pada mulanya antara ilmu alamiah dan teknologi itu tidak selalu mempunyai kaitan. Namun dalam zaman modern ini, untuk membuat kapal, orang harus menguasai ilmu murni, hukum Archimedes, konstruksi baja dan sebagainya, agar kapal tidak tenggelam dan dapat mengarungi lautan.Pengetahuan adalah sesuatu yang diketahui atau disadari seseorang yang didapat dari pengalamannya. pengetahuan tidak bisa dikatakan sebagai sebuah ilmu karena kebenarannya belum teruji. Pengetahuan muncur dikarenakan seseorang menemukan sesuatu yang sebelumnya belum pernah dilihatnya.
Teknologi adalah pembuatan, modifikasi, penggunaan, dan pengetahuan tentang alat-alat, mesin, teknik, kerajinan, sistem, metode organisasi, dalam rangka memecahkan masalah, meningkatkan solusi yang sudah ada sebelumnya untuk masalah, mencapai tujuan, menangani masukan diterapkan / Output hubungan atau melakukan fungsi tertentu. Hal ini juga dapat merujuk pada koleksi alat-alat seperti, mesin, modifikasi, pengaturan dan prosedur. Teknologi secara signifikan mempengaruhi manusia serta kemampuan spesies hewan lain untuk mengendalikan dan beradaptasi dengan lingkungan alami mereka.Dari segi bahasa teknologi berasal dari kata Yunani (technología), Dari (techne), yang berarti "seni, keterampilan, kerajinan", dan (logia), yang berarti "studi" Istilah ini dapat diterapkan umum atau untuk daerah tertentu: contoh termasuk teknologi konstruksi, teknologi medis, dan teknologi informasi
Dengan demikian, ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) adalah suatu ilmu yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan manusia.
IPTEK, atau yang kita sebut sebagai ilmu pengetahuan dan teknologi adalah suatu jalan dimana yang fungsinya sendiri untuk membantu segala jenis kebutuhan manusia, agar sesuatu dapat dilakukan dengan mudah dengan sarana pemikiran manusia dan penciptaan alat-alat yang dapat mendukung kegiatan praktis. IPTEK dalam kehidupan manusia selalu berkembang dari waktu ke waktu. Dari tingkatan Teknologi yang minim dan tradisional dari bahkan cuma kapak batu hingga teknologi yang semakin komplek yang terus berkembang sampai saat ini.
Perkembangan dunia IPTEK yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Sistem kerja robotis telah mengalih fungsikan tenaga otot manusia dengan pembesaran dan percepatan yang menakjubkan. Begitupun dengan telah ditemukannya formulasi baru aneka kapasitas komputer seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktifitas manusia. Ringkas kata, kemajuan IPTEK yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia.
Bagi masyarakat sekarang, IPTEK sudah menjadi suatu religion. Pengembangan IPTEK dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Sementara orang bahkan memuja IPTEK sebagai liberator yang akan membebaskan mereka dari kungkungan kefanaan dunia. IPTEK diyakini akan memberi umat manusia kesehatan, kebahagiaan, dan imortalitas.
Perkembangan dunia IPTEK yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Pengembangan IPTEK dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Sebagian orang bahkan memuja IPTEK sebagai liberator yang akan membebaskan mereka dari kungkungan kefanaan dunia. IPTEK diyakini akan memberi umat manusia kesehatan, kebahagiaan dan imortalitas. Dalam peradaban modern yang muda, terlalu sering manusia terhenyak oleh disilusi dari dampak negatif IPTEK terhadap kehidupan umat manusia.
Salah satu kelebihan manusia dari makhluk lain adalah kemampuan manusia dalam menciptakan dan menggunakan alat. Salah satu ciptaan manusia yang menakjubkan adalah mesin- mesin, yang antara lain adalah:
1. Mesin bakar
Prinsipnya bahan bakar dicampur udara yang dimampatkan dalam silinder, diledakkan dengan bunga api dari busi. Gerakan ini diteruskan oleh roda penerus yang sekaligus memutar mesin dan membuang bahan bakar yang telah terpakai kemudian memampatkan bahan bakar dan udara yang baru, kemudian diledakkan dan seterusnya.
2. Mesin disel
Prinsipnya hampir sama dengan mesin bakar, tetapi tanpa menggunakan percikan bunga api dari bahan bakar yang digunakan yaitu solar.
3. Jet
Prinsipnya, bahan bakar dicampur udara, dibakar dalam tabung pembakar. Gas panas yang dihasilkan digunakan untuk menggerakkan mesin dan seluruh tubuh pesawat. Mesin jet dapat menggunakan atau tanpa menggunakan turbin.
4. Roket
Prinsipnya hampir sama dengan jet, hanya di sini digunakan bahan bakar padat yang telah mengandung Oksigen, jadi tidak perlu dicampur udara
5. Komputer
Ada banyak peran komputer dalam hidup manusia. Komputer dapat digunakan sebagai mesin hitung, mesin tulis, pengganti ensiklopedia, perpustakaan, arsip suatu kantor, membuat aneka macam program baik untuk keperluan industri maupun pertambangan sampai urusan rumah tangga.
6. Nuklir
Nuklir dapat dimanfaatkan untuk sumber tenaga, mensterilkan alat-alat kedokteran, kesehatan / pengobatan, peningkatan daya guna tanaman pertanian, pengawetan bahan makanan, pengawetan kayu, peningkatan mutu tekstil, penelitian radiografi, hidrologi, dan penelitian pencemaran lingkungan.
7. Teknologi Komunikasi
Manfaat teknologi komunikasi antara lain percetakan sebagai media komunikasi massa, telegrafi untuk berita jarak jauh dengan bahasa kode kemudian diterjemahkan, telepon untuk jarak dekat maupun jauh dengan bahasa lisan.
8. Radio dan Televisi
Keunggulan radio dapat berkomunikasi tanpa kawat Cinema dapat mengkomunikasikan kesan pesan secara utuh baik dalam bentuk ucapan maupun perbuatan. Televisi dapat mengkomunikasikan pesan / kesan yang lengkap seperti cinema, tetapi untuk jarak jauh tanpa kawat.
9. Satelit Komunikasi
Dapat mempertinggi daya guna semua media di atas dengan meningkatkan daya pancar ke seluruh dunia sehingga dapat diharapkan untuk meningkatkan saling pengertian antarbangsa di dunia.
10. Internet
Adalah media komunikasi canggih yang dapat merambah ke seluruh penjuru dunia dengan cepat lewat komputer. Tampilan gambar dan pesan lebih cepat sampai ke tujuan dan dengan biaya yang relatif murah. Internet dapat digunakan untuk semua tujuan.
C. DAMPAK POSITIVE DAN NEGATIVE PERKEMBANGAN IPTEKSecara spesifik, peranan ilmu pengetahuan teknologi dapat di klasifikasikan sebagai berikut:1. KEBUTUHAN POKOK MANUSIA
a. PanganDampak yang ditimbulkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan alam dan teknologi ada yang positif dan ada juga yang negatif. Dampak yang positif antara lain:
© Ditemukannya bibit unggul dengan memanfaatkan sinar zat radioaktif yang dapat mengadakan mutasi gen.
© Digunakannya mekanisasi pertanian untuk memanen hasil produksi sehingga hasilnya lebih besar dibandingkan dengan menggunakan tenaga manusia.
© Pemberantasan hama dan membunuh kuman-kuman pembusuk menggunakan radiasi yang bersumber dari tenaga nuklir.
Dampak negatifnya, antara lain:
© pemakaian pestisida, ternyata tidak saja dapat memberantas hama tanaman, tetapi juga dapat membunuh hewan ternak, dapat meracuni hasil panen dan bahkan dapat meracuni manusia itu sendiri.
b. Sandang
Dengan kemajuan teknologi, dampak postif yang kita peroleh antara lain:
© kita tidak perlu menunggu terlalu lama hasil serat tanaman kapas karena dengan serat sintesis, pembuat tekstil dapat dilakukan secara besar-besaran dalam waktu yang singkat. Dalam hal perhiasan, perkembangan IPTEK telah dapat dibuat intan sintetis, berdasar dari struktur intan mengubah struktur heksagonal dari karbon grafit menjadi strukturtetragonal dari intan.
Sedangkan dampak negatifnya, antara lain:
© Pemakaian serat sintetis, kalau menjadi sampah tidak dapat dihancurkan oleh bakteri-bakteri pembusuk. Namun, apabila dibakar akan menyebabkan menipisnya lapisan ozon dan dapat mencemarkan tanah sehingga mengurangi kesuburan tanah.
c. Papan
Dengan menerapkan teknologi maju, manusia mampu membangun rumah dan gedung pencakar langit sehingga tidak membutuhkan lahan yang luas untuk membangun pemukiman. Disamping itu, manusia akan berusaha memanfaatkan lautan dan antariksa sebesar-besarnya, melalui pulau pulau buatan.
2. PENDAYAGUNAAN SUMBER DAYA ALAM
a. Minyak Bumi
Semua mesin kendaraan dan mesin pabrik menggunakan minyak bumi sebagai bahan bakarnya. Namun, kita sadar minyak bumi merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Hasil pembakaran minyak bumi berupa gas-gas oksida, antara lain karbondioksida dan karbonmonoksida. Karbondioksida berguna untuk fotosintetis (pembentukan zat gula atau pati pada daun hijau dengan bantuan sinar matahari), sedangkan karbonmonoksida sangat beracun. Gas ini dapat meracuni sel darah merah sehingga tidak dapat berfungsi lagi dalam pengangkut oksigen dalam jaringan tubuh.
Semua mesin kendaraan dan mesin pabrik menggunakan minyak bumi sebagai bahan bakarnya. Namun, kita sadar minyak bumi merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Hasil pembakaran minyak bumi berupa gas-gas oksida, antara lain karbondioksida dan karbonmonoksida. Karbondioksida berguna untuk fotosintetis (pembentukan zat gula atau pati pada daun hijau dengan bantuan sinar matahari), sedangkan karbonmonoksida sangat beracun. Gas ini dapat meracuni sel darah merah sehingga tidak dapat berfungsi lagi dalam pengangkut oksigen dalam jaringan tubuh.
Namun yang lebih berbahaya adalah gas yang mengandung Pb (timah hitam) dan Hg (air raksa). Keracunan gas tersebut sangat sukar diobati karena logam-logam tersebut mengendap dalam tubuh. Biasanya logam tersebut dipakai sebagai campuran bensin agar bensin mudah dibakar. Unsur lain yang berbahaya adalah arsen dan belerang.
b. Batu Bara
Pembangkit tenaga listrik, mesin uap, bahkan sampai rumah tangga banyak menggunakan batu bara, meski sedikit demi sedikit tergeser oleh minyak bumi. Namun, dengan adanya kemajuan teknologi, menyebabkan bahan tersebut dapat didaur ulang.
Penambangan batu bara dapat membahayakan manusia, karena gas oksigen sangat terbatas, sebaliknya gas-gas bumi yang menyesakkan napas justru berlimpah.
c. Air
Kita tahu di tempat-tempat terpencil masih sangat kekurangan air. Namun, dengan berkembangnya teknologi, air dapat menjangkau seluruh pelosok negeri ini. Air sangat besar manfaatnya bagi kehidupan manusia, tidak hanya untuk diminum, tetapi juga bisa sebagai sarana transportasi, wisata, olahraga dan menjadi sumber pembangkit listrik yang mempunyai peranan besar pada kehidupan sehari-hari. Air merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui, artinya setelah dipakai dapat dibersihkan kembali.
Namun karena ulah manusia itu sendiri, pembersihan itu tidak selalu dapat sempurna. Sehingga lambat laun, air bersih ini semakin lama semakin menurun jumlah dan kualitasnya.
d. Hutan dan Hewan
Hutan dan hewan merupakan sumber daya yang dapat diperbaharui. Sayangnya, teknologi modern justru mengakibatkan sumber daya tersebut menjadi tidak lagi dapat diperbaharui. Contohnya:
Penebangan hutan yang semena-mena menyebabkan tanah gundul dan erosi. Contoh lainnya, penangkapan ikan memakai pukat harimau mengancam kelangsungan hidup ikan.
e. Tanah
Dengan kemajuan ilmu pengetahuan alam dan teknologi, manusia mampu menentukan jenis tanah, unsur-unsur yang diperlukan tanaman sehinga dapat memberikan pupuk yang paling tepat.
Namun, jika tanah dibiarkan dalam keadaan kosong dan terkena erosi terus menerus hingga kesuburannya hilang, tanah akan menjadi rusak.
3. KEHIDUPAN MANUSIAb. Batu Bara
Pembangkit tenaga listrik, mesin uap, bahkan sampai rumah tangga banyak menggunakan batu bara, meski sedikit demi sedikit tergeser oleh minyak bumi. Namun, dengan adanya kemajuan teknologi, menyebabkan bahan tersebut dapat didaur ulang.
Penambangan batu bara dapat membahayakan manusia, karena gas oksigen sangat terbatas, sebaliknya gas-gas bumi yang menyesakkan napas justru berlimpah.
c. Air
Kita tahu di tempat-tempat terpencil masih sangat kekurangan air. Namun, dengan berkembangnya teknologi, air dapat menjangkau seluruh pelosok negeri ini. Air sangat besar manfaatnya bagi kehidupan manusia, tidak hanya untuk diminum, tetapi juga bisa sebagai sarana transportasi, wisata, olahraga dan menjadi sumber pembangkit listrik yang mempunyai peranan besar pada kehidupan sehari-hari. Air merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui, artinya setelah dipakai dapat dibersihkan kembali.
Namun karena ulah manusia itu sendiri, pembersihan itu tidak selalu dapat sempurna. Sehingga lambat laun, air bersih ini semakin lama semakin menurun jumlah dan kualitasnya.
d. Hutan dan Hewan
Hutan dan hewan merupakan sumber daya yang dapat diperbaharui. Sayangnya, teknologi modern justru mengakibatkan sumber daya tersebut menjadi tidak lagi dapat diperbaharui. Contohnya:
Penebangan hutan yang semena-mena menyebabkan tanah gundul dan erosi. Contoh lainnya, penangkapan ikan memakai pukat harimau mengancam kelangsungan hidup ikan.
e. Tanah
Dengan kemajuan ilmu pengetahuan alam dan teknologi, manusia mampu menentukan jenis tanah, unsur-unsur yang diperlukan tanaman sehinga dapat memberikan pupuk yang paling tepat.
Namun, jika tanah dibiarkan dalam keadaan kosong dan terkena erosi terus menerus hingga kesuburannya hilang, tanah akan menjadi rusak.
A. KOMUNIKASI
Dampak positifnya adalah:© Dengan teknologi modern, manusia dapat menciptakan telegram (pertengahan abad 20), yang dapat dipakai untuk menyampaikan pesan sampai ribuan kilometer dalam waktu beberapa menit saja.© Penemuan telepon (Graham Bell 1876) sehingga orang dapat berkomunikasi langsung.
© Penemuan pesawat radio (Marconi 1896), untuk mengirim dan menerima berita tanpa melalui kawat penghubung seperti pada telepon dan telegram.
© Penemuan televisi yang dapat mengirim suara dan gambar hidup pada pemirsa dalam jarak ratusan kilometer dari objek yang disaksikan.
© Penemuan komputer yang dapat dengan mudah dan tepat dalam memperoleh informasi yang diperlukan. Komputer saat ini merupakan alat komunikasi yang kompleks, karena hanya dengan alat ini kita bisa mengetahui informasi dari segala macam aspek kehidupan dengan cepat dan tepat.
© Ditemukannya satelit yang dapat membantu manusia dalam berkomunikasi meski terjadi antar benua.
© Ditemukannya mesin cetak pada awal abad 15. Dengan adanya mesin ini, dapat digunakan sebagai penghasil komunikasi massa berupa koran. Dengan adanya media massa berupa koran, suatu berita dapat diikuti oleh orang banyak dalam waktu yang pendek. Dengan koran masuk desa, komunikasi menjadi lebih luas.
Disamping keuntungan-keuntungan yang kita peroleh ternyata kemajuan kemajuan teknologi tersebut dimanfaatkan juga untuk hal-hal yang negatif, antara lain:
© Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan pihak tertentu untuk tujuan tertentu.
B. TRANSPORTASI
Dengan diterapkan ilmu pengetahuan alam dan teknologi modern, orang dapat membuat sarana transportasi, misalnya sepeda motor, mobil, bus, kereta api, kapal laut, pesawat terbang. Sarana transportasi tersebut sangat efektif dan efisien daripada memakai alat transportasi pada zaman dahulu, misalnya kuda, kereta kuda atau kapal layar.Namun dampak negatif yang timbul dari kemajuan transportasi, antara lain: timbulnya pencemaran suara (kebisingan) dan pencemaran udara. Berkurangnya lahan pertanian yang produktif karena dipakai lahan jasa transportasi.
C. KESEHATAN
1.Dampak positif:© Meningkatkan ilmu dan fasilitas di bidang kedokteran. Berkembangnya cabang-cabang ilmu di bidang pengobatan dan penemuan alat kedokteran seperti mikroskop, banyak membantu pemecahan masalah di bidang kedokteran.© Meningkatkan Teknologi Obat-obatan.
Dengan ditemukannya teknologi material, orang dapat mengetahui susunan suatu zat, sifat-sifatnya jumlah masing-masing bagian dari susunan suatu persenyawaan. Dasar pemisahan suatu bersenyawa dari campurannya dan pembentukan senyawa baru dari senyawa lain merupakan awal dari pembuatan teknologi di bidang obat-obatan.
© Memberantas Penyakit Menular.
Perkembangan ilmu pengetahuan menyebabkan kberhasilan ilmu kedokteran dalam mengikuti tingkah laku dinamika gelombang epidemic, sehingga mampu mengadakan usaha pencegahan dan pemberantasan penyakit menular.
2.Dampak negatif:© Timbulnya penyakit kanker yang dianggap berasal dari kemajuan IPTEK, yang sampai saat ini masih belum ditemukan obatnya, melainkan upaya untuk mencegah meluasnya bagian yang terserang.© Timbulnya penyakit asbestos yang diderita karyawan pabrik asbes, diduga disebabkan banyaknya debu yang berterbangan dan mengandung oksida silicon.
© Timbulnya penyakit karena kesibukan atau kekhawatiran ketika bekerja, seperti darah tinggi, jantung, ginjal, liver dan lain-lain.
© Timbulnya penyakit karena kesalahan gaya hidup, misalnya penyakit jantung, hipertensi, stress dan AIDS.
© Kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.
Meskipun demikian kemajuan teknologi akan berpengaruh negative pada beberapa aspek. Antara lain:
© Pada aspek budaya.
© Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar.
© Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi ‘kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani’
E. PENDIDIKAN
Teknologi mempunyai peran yang sangat penting dalam bidang pendidikan antara lain:
© Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya penyampai materi atau sumber ilmu pengetahuan.
© Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
© Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.
Disamping itu juga muncul dampak negatif dalam proses pendidikan, misalnya:
© Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak criminal
F. EKONOMI DAN INDUSTRI© Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya penyampai materi atau sumber ilmu pengetahuan.
© Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
© Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.
Disamping itu juga muncul dampak negatif dalam proses pendidikan, misalnya:
© Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak criminal
Dalam bidang ekonomi teknologi berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan manfaat positifnya antara lain:© Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
© Terjadinya industrialisasi
© Produktifitas dunia industri semakin meningkat
© Mudahnya kegiatan jual beli, bahkan penjual dan pembeli tidak perlu bertatap muka untuk bertransaksi.
Dampak negatif:
© Menyempitnya lahan hijau untuk drainase dan pencemaran lingkungan
© Menipisnya SDA untuk memenuhi kebutuhan manusia
© Maraknya penipuan yang terjadi dikalangan masyarakat
.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
1. Ilmu alamiah dasar(IAD) adalah ilmu yang membahas hubungan manusia dengan alam.
2. Ilmu budaya dasar(IBD) adalah ilmu yang membahas produk/karya(cipta, rasa, karsa) manusia.
3. Ilmu sosial dasar(ISD) adalah ilmu yang membahas hubungan manusia dengan manusia serta manusia dengan lingkungan.
2. Ilmu budaya dasar(IBD) adalah ilmu yang membahas produk/karya(cipta, rasa, karsa) manusia.
3. Ilmu sosial dasar(ISD) adalah ilmu yang membahas hubungan manusia dengan manusia serta manusia dengan lingkungan.
4. Tujuan Ilmu Alamiah Dasar(IAD), Ilmu Budaya Dasar(ISD), dan Ilmu Sosial Dasar(ISD) adalah agar manusia lebih mudah dalam menjalani kehidupan di dunia(alam) ini.
5. Ruang lingkup ilmu alamiah dasar(IAD) adalah alam semesta.
6. Ruang lingkup ilmu budaya dasar(IBD) adalah produk/karya manusia.
7. Ruang lingkup ilmu sosial dasar(ISD) adalah manusia dan lingkungannya.
5. Ruang lingkup ilmu alamiah dasar(IAD) adalah alam semesta.
6. Ruang lingkup ilmu budaya dasar(IBD) adalah produk/karya manusia.
7. Ruang lingkup ilmu sosial dasar(ISD) adalah manusia dan lingkungannya.
DAFTAR PUSTAKA
Materikuliahprimi dosen IAD ISD IBD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar